https://twitter.com/kemenkesri/status/661091642561073152 |
Tingkat kesehatan sebuah
negara menunjukkan kualitas sebuah negara dalam memberdayakan warganya.
Hal ini juga dilakukan pemerintah Indonesia dengan menyediakan berbagai
program untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kesehatan.
Sejak 2014, pemerintah
Indonesia telah menjalankan program Indonesia Sehat sebagai bentuk
promosi layanan kesehatan berkualitas. Selain itu, program tersebut
dibentuk untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mendapatkan
tingkat kesehatan tertinggi.
Menteri Kesehatan Republik
Indonesia Nila F. Moeloek dalam sesi General Debate di World Health
Assembly ke-72 yang berlangsung di Swiss mengungkapkan bahwa Indonesia
Sehat mempunyai tiga elemen yang menguatkan, yakni:
-
Paradigma Sehat, sesuai namanya, berfungsi menyebarkan cara berpikir (paradigma) seputar kesehatan di setiap aspek pembangunan nasional. Caranya dengan promosi kesehatan lewat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS;
-
Dalam Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer, terdapat upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kuratif maupun rehabilitas. Menurut Nila, Indonesia sebenarnya sudah menerapkan pendekatan berbasis keluarga. Tujuannya adalah menunjang akses lebih mudah ke layanan kesehatan yang komprehensif;
-
Lalu, ada Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN, sebuah program yang memastikan supaya masyarakat dalam mendapatkan akses yang mudah nan terjangkau terhadap layanan-layanan kesehatan.
Pencapaian layanan kesehatan melalui program JKN
Dibandingkan dua elemen lainnya, Jaminan Kesehatan Nasional
menjadi program yang paling bersinar dalam Indonesia Sehat. Hal
tersebut dibuktikan dari data yang mencatat setidaknya ada lebih dari
219 juta orang yang telah tercakup dalam JKN per April 2019. Dengan kata
lain, 82% dari total penduduk di Indonesia telah dinaungi program
tersebut.
Semua pelanggan yang mengikuti
JKN sejauh ini dilayani sekitar 22 ribu penyedia layanan kesehatan
primer. Sementara kurang lebih 2.500 lainnya mendapatkan layanan
kesehatan rujukan, baik dari pihak swasta maupun pemerintah.
Angka-angka tersebut dianggap sebagai pencapaian luar biasa oleh Kementerian Kesehatan,
terutama saat mengingat bahwa Indonesia baru memulai skema asuransi
kesehatan nasional lima tahun lalu. Tak menutup kemungkinan prestasi ini
mengalami peningkatan menjanjikan dan signifikan.
sumber : http://promkes.kemkes.go.id/program-indonesia-sehat-untuk-mensejahterakan-masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar